Elektabilitas Calon Gubernur Sulsel dari Tiga Lembaga Survei

  • Bagikan
Calon Gubernur Sulsel 2024

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Hasil survei terbaru dari tiga lembaga berbeda menunjukkan keunggulan signifikan bagi pasangan nomor urut 2, Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Pilkada 2024. 

Pasangan ini diusung oleh koalisi besar yang terdiri dari 10 partai politik, termasuk Nasdem, PKS, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, Hanura, PSI, Gelora, dan Perindo. 

Dalam beberapa survei yang dilakukan antara Mei hingga Juli 2024, Andi Sudirman Sulaiman, mantan Gubernur Sulsel, tampil dominan dalam skenario simulasi head-to-head melawan pesaing utamanya, Wali Kota Makassar Danny Pomanto.

*Survei Indikator Politik Indonesia*

Survei yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia pada periode 11-19 Juli 2024 melibatkan 1130 responden yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. Menggunakan metode multistage random sampling, survei ini memiliki margin of error sebesar ±3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Menariknya, survei ini mencatat oversampling di Kabupaten Bone dengan tambahan 400 responden, yang merupakan daerah asal Andi Sudirman Sulaiman.

Hasil survei menunjukkan Andi Sudirman unggul signifikan dalam simulasi dua kandidat. Elektabilitasnya mencapai 46,3 persen, jauh di atas Danny Pomanto yang hanya memperoleh 9,6 persen. 

Namun, ada sejumlah besar pemilih yang belum menentukan pilihan, yakni mencapai 44,1 persen.

Dalam simulasi head-to-head melawan pasangan Danny Pomanto-Indah Putri Indriani, Andi Sudirman dan Fatmawati tetap unggul dengan 47,7 persen suara, sementara Danny-Indah hanya mendapatkan 17 persen. Meski demikian, 35,2 persen responden memilih untuk tidak memberikan jawaban, yang mencerminkan masih tingginya ketidakpastian di antara para pemilih.

  • Bagikan

Exit mobile version