Tim FAPET MENGABDI Bagikan Bibit Rumput Gajah Varietas Terbaru di Kelurahan Leang-leang Bantimurung

  • Bagikan

Tim PKM terdiri dari dosen Ilmu Tanaman Pakan Fakultas Peternakan UNHAS Prof. Ir. Budiman, Dr. Rinduwati dan dosen Dept Nutrisi Dr. Ir. Nancy Lahay, Dr. A. Mujnisa dan Dr. Anie Asrianie. Dijelaskan oleh peneliti rumput unggul varietas terbaru Unhas bahwa bahwa bibit rumput yini mulai diteliti di Kebun Koleksi Tanaman Pakan UNHAS sejak tahun lalu pada bulan Oktober 2023 dan ditanam pada puncak musim kemarau.

Bibit rumput ini telah diuji oleh dosen dan mahasiswa dengan 6 kali pemangkasan sejak Januari 2024 dan sekarang dimanfaatkan sebagai sumber bibit dan telah didiseminasikan di seluruh kabupaten di Sulawesi Selatan oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Peternakan melalui beberapa kegiatan seperti pengabdian masyarakat dosen, KKN, magang dan penelitian bersama peternak mitra.

Kegiatan pengabdian dimulai dengan bimbingan teknis budidaya rumput Unggul varietas terbaru Biograss dan Biovitas, yang dibawakan oleh peneliti rumput varietas terbaru lab tanaman pakan ibu Dr. Marhamah Nadir, dengan menunjukkan langsung keunggulan morfologi tanaman dengan menunjukkan contoh stek yang tidak berbulu dan demonstrasi cara penanaman seperti perlakuan sebelum penanaman dengan perendaman hormon atau ZPT menggunakan urine sapi/kambing, pengolahan ringan tanah, pemupukan cukup dengan kotoran teknak/pupuk kandang 1 kg per rumpun, jarak tanam dan waktu panen dan cara panen yang tepat.

Dijelaskan bahwa jarak tanam yang tepat untuk menghasilkan anakan yang banyak adalah 1 x 1 m dan waktu panen yang bagus adalah 60 hari untuk menghasilkan produktifitas yang tinggi dan kandungan nutrisi yang bagus untuk ternak. Peternak yang merupakan anggota kelompok Tani Tinggi Ada’ Lingkungan Panaikang sangat antusias bertanya dan mereka sangat tertarik membudidayakan karena salah satu keengganan peternak untuk mengambil rumput di kebun karena rumput gajah identic dengan bulu yang tajam dan gatal.

  • Bagikan