Survei SSI Pilgub Sulsel: Andalan Hati Unggul 65,24 Persen, DIA 18,66 Persen

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Lembaga Script Survei (SSI) Indonesia merilis hasil survei bulan September 2024 terkait elektabilitas pasangan calon (paslon) dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hasilnya, paslon nomor urut 2, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) unggul jauh dari pesaingnya, paslon nomor urut 1, Ramdham "Danny" Pomanto-Azhar Arsyad (DIA). Paslon Andalan Hati meraih elektabilitas 65,24 persen, sedangkan paslon DIA 18,66 persen. Responden yang belum menentukan pilihan ada 16,10 persen. Dengan rentang jarak yang sangat jauh, paslon Andalan Hati sulit terkejar lagi.

SSI juga memaparkan peta basis dukungan suara para pasangan calon di mana Andalan Hati unggul jauh di 24 kabupaten/kota di Sulsel, sedangkan pasangan DIA hanya unggul tipis di kota Makassar.

Sebagai informasi, Lembaga Survei Indeks Politika Indonesia melakukan riset pada September 2024 untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dalam survei ini, SSI menyimpulkan bahwa keunggulan telak paslon nomor urut 2, Andalan Hati karena selain petahana juga karena masyarakat Sulsel merasa puas dengan kinerja mantan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman.

"Mayoritas masyarakat Sulsel puas dengan kinerja Andi Sudirman Sulaiman," demikian laporan SSI, Selasa (24/9/2024). (Ikbal/fajar)

  • Bagikan

Exit mobile version