Pemprov Sulsel Siap Mendukung Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

  • Bagikan
Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Jufri Rahman,

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel siap berkolaborasi dengan stakeholder terkait dalam mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Apalagi, ekonomi dan keuangan syariah memiliki potensi yang sangat besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Sulsel.

"Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, transparansi, dan kemaslahatan, ekonomi syariah dapat menjadi solusi bagi berbagai permasalahan ekonomi yang kita hadapi saat ini," kata Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Jufri Rahman, saat mewakili Penjabat Gubernur Prof Zudan Arif Fakrulloh, menghadiri Opening Ceremony Bulan Ekonomi dan Keuangan Syariah yang dilaksanakan di Hotel Claro Makassar, Selasa, 1 Oktober 2024.

Menurut Jufri Rahman, pengembangan Sulsel menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah sangat mungkin dilakukan, termasuk dengan menjadikannya sebagai pangsa pasar untuk produk halal. Apalagi didukung mayoritas penduduk beragama Islam. Menurut data Kementerian Agama, porsi penduduk beragama Islam di Sulsel mencapai 90,2 persen dari total penduduk pada 2023 lalu, yang berjumlah 9,4 juta jiwa.

"Pemprov Sulsel siap mendukung dan berkolaborasi dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, yang fokus pada pengembangan industri produk halal, industri jasa keuangan syariah, dana sosial syariah, serta bisnis dan kewirausahaan syariah," tegas Jufri Rahman.

Ia berharap kepada seluruh jajaran pemerintah kabupaten dan kota untuk meningkatkan literasi dan edukasi syariah. Seperti mengadakan sosialisasi dan pelatihan, penguatan infrastruktur ekonomi syariah dengan menyediakan Rumah Potong Hewan (RPH) yang tersertifikasi halal.

  • Bagikan

Exit mobile version