Pj Wali Kota Parepare Dorong Warga Manfaatkan Lahan Kosong untuk Pertanian

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PAREPARE — Pj Walikota Parepare, Abdul Hayat Gani (AHG), mengajak warga untuk memanfaatkan lahan kosong sebagai solusi cerdas meningkatkan ekonomi masyarakat.

Hal itu diungkap AHG saat melakukan kunjungan di Pasar Tani yang dilaksanakan di halaman Kantor DPKP pada Jumat (4/10/2024).

“Lahan kosong bisa jadi tambang emas hijau, dan merupakan potensi besar dari inovasi pertanian perkotaan. Misalnya cabai yang ditanam bisa diolah, meningkatkan nilai jualnya hingga dua kali lipat,” ujarnya.

Gani menekankan pentingnya pengolahan pasca panen. “Ubi kayu seharga Rp10.000 bisa naik jadi Rp20.000 setelah diolah menjadi kue poteng,” tambahnya.

Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (PKP), Wildana, mendukung penuh inisiatif ini. “Kami siap tingkatkan produktivitas kelompok tani, ternak, dan nelayan binaan,” katanya.

Wildana juga menyoroti dampak positif program ini terhadap penurunan angka stunting melalui peningkatan akses ikan segar.

Ia juga menjelaskan rencana jangka panjang meliputi pengembangan agrowisata untuk menarik minat generasi muda.

“Tantangan kami adalah mengedukasi anak-anak muda untuk tertarik menjadi petani modern,” ungkap Wildana.

Inovasi ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kesejahteraan, tapi juga menjamin ketahanan pangan dan keberlanjutan sektor pertanian Parepare di masa depan.(*)

  • Bagikan

Exit mobile version