Dekan FBS UNM, Prof. Anshari Tutup Bimtek Kompetensi Pengelola Lembaga Penyelenggara Program BIPA di UPT PSBBI UM

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi Pengelola Lembaga Progran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) untuk Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), Universitas Negeri Makassar (UNM) dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kompetensi yang dilaksanakan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Studi Bahasa dan Budaya Indonesia (PSBBI) Universitas Negeri Malang (UM).

Dekan FBS UNM, Prof. Anshari, yang sempat mengikuti materi Metodologi Pengajaran BIPA oleh Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. dalam sambutan sekaligus menutup workshop dan bimtek, menegaskan bahwa pengelola merupakan ujung tombak dan sangat menentukan penyelenggaraan Program BIPA. Karena itu, pembekalan kompetensi dan workshop sangat penting agar peminat penutur asing belajar BI merasa nyaman dan senang.

UPT PSBBI UM yang dipilih sebagai tempat bimtek dan workshop karena telah memiliki pengalaman yang kuat dan reputasi internasional. Saat ini, UPT PSBBI UM membelajarkan penutur asing dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Uzbekistan, Taiwan, Thailand, dan Rusia.

Materi bimtek dan workshop yaitu tata kelola program BIPA, tata kelola budaya, tata kelola keluarga asuh, tata kelola mitra bahasa, ekspektasi lembaga pengirim mahasiswa, praktik baik pengelolaan mahasiswa asing, kurikulum BIPA, metodologi pengajaran BIPA, praktik baik pengajaran BIPA di dalam dan luar negeri.

Pemateri, yaitu: Dr. Gatut Susanto, M.M., M.Pd., Nissa Rahma Nur Aprilia, MA., M.Pd., Muh. Hudha Nursyaifori, M. Pd., Nanang Syaiful Rohman, M.A., Hanifa Erma Indahsari, S.Pd., Pak Tom, Drs. Agus Suhardjono, M.M., Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., dan Vania Maherani, M.Pd.

  • Bagikan