Panen Padi Bersama Otorita, Pupuk Kaltim Dukung Kemandirian Pangan IKN

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) tegaskan komitmen dalam menjaga keberlanjutan sumberdaya lahan dan sektor pertanian nasional, sebagai penopang utama ketahanan pangan nasional. Hal ini pun diwujudkan Pupuk Kaltim dalam mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN), melalui optimalisasi lahan pertanian di kawasan otorita agar produktif dan menghasilkan komoditas pangan, guna menopang kebutuhan di masa datang.

Sejalan dengan peringatan Hari Tani Nasional Ke-64, Pupuk Kaltim bersama Otortita IKN dan Pemerintah Daerah melakukan panen padi bersama di area persawahan Wisata Lumbung Padi Desa Bukit Raya, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara. Pada program ini, Pupuk Kaltim mendukung agri input pertanian dan pendampingan berkelanjutan, guna mendorong optimalisasi lahan garapan secara signifikan. Hasilnya, padi dengan varietas Inpari 32 itu berhasil mencapai kapasitas produksi sebesar 4,3 ton/ha GKP, dengan pengaplikasian pupuk subsidi dan teknologi pertanian secara terintegrasi.

SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Kaltim Teguh Ismartono, mengungkapkan Perusahaan sangat mendukung penghijauan dan pengembangan potensi pertanian di kawasan IKN, sebagai bentuk kontribusi dalam perluasan lahan produktif sekaligus penguatan ketahanan pangan. Hal ini bisa dilihat dari hasil panen kali ini, dimana optimalisasi lahan sekitar otorita IKN mampu dimaksimalkan hasil yang sangat baik.

"Ini menjadi tindaklanjut komitmen Pupuk Kaltim dalam mendukung produktivitas dan keberlanjutan lahan di kawasan IKN, sehingga kebutuhan pangan kedepan secara perlahan bisa penuhi dengan baik, melalui sistem pertanian terintegrasi dan berkelanjutan," ucap Teguh, Kamis (3/10/2024).

  • Bagikan

Exit mobile version