Appi Tegaskan Pemilihan RT/RW Harus Secara Demokratis Tanpa Intervensi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota nomor 01. Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham (MULIA) memiliki tekad mengembalikan Muru'ah demokrasi di tingkat Rukun Warga (RW) & Rukun Tetangga (RT) se-Kota Makassar.

Sebagai contoh pada Pemlihan Wali Kota Makassar, tahun 2024. Nama RT/RW kembali mencuat. Mereka menjadi sasaran "koraban" karena beda dukungan, hingga menjadi "tumbal" politik.

"Kita mau Pemilihan RT/RW di Kota Makassar harus demokratis, tidak tunjuk-tunjuk atau memecat tanpa alasan," jelas Appi, saat kampanye dialogis di Tamalanrea Jaya, Jl. Bung, RT02/RW01, Selasa (8/10/2024).

Sesuai data, jumlah RT/RW di Kota Makassar banyak. Dimana RW sebanyak 996 orang, RT 4979 orang. Sehingga total RT/RW berjumlah 5975 orang, berada di 15 Kecamatan, 153 Kelurahan.

Lebih lanjut Ketua DPD II Golkar Kota Makassar itu mengatakan, jika dalam Pemilihan Wali Kota 27 November mendatang, paslon MULIA menang. Maka, dipastikan kedepan pemilihan RT/RW akan sesuai dengan mekanisme pemilu raya bak demokrasi pada umumnya.

"Kita mau lakukan pemilihan RT/RW seadil-adinya dan jujur. Jadi, mekanisme lewat pemilihan langsung di masyarakat secara demokratis," jelas Appi.

Hal ini kata mantan Bos PSM itu agar, masyarakat Kota Makassar merasa hak mereka sebagai warga negara di wilayah masing-masing bisa mempunyai hak dipilih dan memilih sebagai ketua TR/RW.

"Supaya Ketua RT/RW tau betul kebutuhan warga lingkungan wilayahnya. Mereka kan mata dan telinga pemerintah sehingga ada bantuan bisa tepat sasaran," tuturnya.

  • Bagikan

Exit mobile version