Perkuat Ketahanan Pangan, Demplot Pupuk Kaltim Tingkatkan Hasil Padi Kapuas hingga 66 Persen

  • Bagikan

"Pemupukan berimbang merupakan kunci sukses kenaikan hasil demplot kali ini. Petani pun telah melihat hasil yang lebih maksimal dari sebelumnya, dan kami harap hal ini bisa diadopsi dengan baik oleh petani untuk memacu produktivitas hasil," tambah Indah.

Koordinator Penyuluh Kec. Tamban Catur, Kab. Kapuas Artani, mengapresiasi keberhasilan demplot Pupuk Kaltim dalam mendorong peningkatan hasil pertanian masyarakat, khususnya di sektor tanaman pangan. Dikatakannya, hal ini diharap makin memacu petani untuk memaksimalkan lahan dan komoditas, sehingga Kalimantan Tengah yang telah diberi kepercayaan Kementerian Pertanian sebagai lumbung pangan nasional, semakin mampu memaksimalkan potensi pertanian yang dimiliki.

Terlebih saat ini Pemerintah juga terus menggencarkan pembukaan lahan cetak sawah baru dan perluasan area tanam, menggunakan berbagai variestas unggulan sesuai karakteristik lahan. Hal ini diharap makin ditopang dengan kemampuan petani, yang secara signifikan mampu mencapai produktivitas hasil maksimal melalui pendampingan demplot Pupuk Kaltim.

"Tata cara demplot ini kami harap bisa diterapkan dengan baik oleh para petani kedepannya, sehingga peran Kalimantan Tengah dalam memperkuat ketahanan pangan nasional semakin terwujud seiring meningkatnya produktivitas padi oleh para petani," tutur Artani. (arya/fajar)

  • Bagikan