Tingkatkan Anggaran Program Pemajuan HAM TA 2026, Kanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Rapat Koordinasi Wilayah Penyusunan Kebutuhan Anggaran secara Daring

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel), mengikuti Rapat Koordinasi Wilayah Penyusunan Kebutuhan Anggaran Program Pemajuan HAM Tahun Anggaran (TA) 2026 yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia (Ditjen HAM) secara daring, bertempat di Ruang Rapat Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) pada Selasa (08/10).

Kegiatan dibuka dengan pemaparan dari Sekretaris Ditjen HAM Novita Ilmaris, yang menyampaikan pentingnya Analisa Kebutuhan Anggaran TA 2026 dalam proses perencanaan dan penganggaran di lingkungan Kemenkumham. Menurutnya, penyusunan ini bertujuan untuk mengajukan tambahan kebutuhan anggaran, khususnya bagi Kanwil Kemenkumham Sulsel.

“Analisa Kebutuhan Anggaran serta Analisa Kebutuhan Sarana dan Prasarana adalah cara strategis untuk memastikan bahwa anggaran yang diusulkan oleh setiap satuan kerja telah sesuai dengan kondisi yang diharapkan, guna mencapai hasil yang diinginkan,” jelas Ilmaris.

Dalam arahannya, Ilmaris berharap agar rencana anggaran yang disusun tidak hanya sesuai dengan pedoman dan regulasi yang berlaku, tetapi juga mencerminkan kebutuhan yang realistis berdasarkan proyeksi tahun depan. Ilmaris juga mengimbau kepada seluruh satuan kerja untuk cermat dalam menyusun analisa kebutuhan anggaran TA 2026 ini.

Adapun secara teknis, Ilmaris katakan bahwa penyusunan rencana anggaran harus memperhatikan Penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang mengacu pada Undang-Undang (UU) No 59/2024 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2025-2045 dan Target Kinerja Program Pemajuan HAM yang akan dibahas pada Rapat Kerja Kemenkumham pada akhir 2024.

  • Bagikan