Serapan Anggaran Triwulan III Capai 62,03%, Pj Wali Kota Parepare Dorong SKPD Lakukan Percepatan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PAREPARE -- Capaian pelaksanaan kegiatan pembangunan Kota Parepare memasuki triwulan III tahun anggaran 2024 berdasarkan capaian kinerja dan realisasi keuangan Perangkat Daerah hingga 30 September 2024, berada di angka 72,18 persen. Capaian ini lebih tinggi dibanding pada triwulan III 2023 yang berada di angka 66,65 persen.

Sementara serapan anggaran atau realisasi belanja di angka Rp587 miliar lebih atau sama dengan 62,03 persen dari total belanja daerah pada APBD Parepare 2024.

Hal ini terungkap dalam Rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan Kegiatan/Sub Kegiatan Pembangunan Triwulan III 2024 Pemerintah Kota Parepare di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Rabu (16/10/2024).

Pj Wali Kota Parepare, Abdul Hayat Gani yang hadir membuka Monev, mendorong semua SKPD atau OPD melakukan percepatan di sisa waktu yang ada. 

"Selalu memonitor dan evaluasi, kurang lebih sama fungsi manajemen, merencanakan, menganggarkan, melaksanakan, dan Monev. 
Agar lebih bagus pada perencanaan berikutnya," kata Abdul Hayat.

Dia mengingatkan agar setiap SKPD melakukan kerja-kerja terintegrasi dan kolaboratif. Lakukan inovasi dalam mengelola anggaran yang terbatas.

J"angan masuk di lubang yang sama. Jangan membuang garam di lautan atau jangan melakukan kegiatan yang tidak ada dampaknya bagi masyarakat," ingat Hayat. 

Dia menekankan, agar setiap SKPD menyisir apa-apa yang bisa dikontrol. Harus satu persepsi, agar output baik. Yang bagus pertahankan dan ditingkatkan. Kemudian apa yang bisa dioptimalisasi untuk PAD, adakah aset tidur bisa dibangun atau dimanfaatkan. 

  • Bagikan