FAJAR.CO.ID— Data internal Tokopedia dan TikTok Shop menunjukkan data yang menarik dalam partisipasi perempuan sebagai pembeli. Di Tokopedia, beberapa daerah mencatatkan jumlah pembeli selama kuartal I 2025, termasuk perempuan pembeli, antara lain Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Gorontalo.
Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Rizky Juanita Azuz mengatakan hal menunjukkan semakin banyak perempuan yang terhubung dan terbiasa bertransaksi secara digital, khususnya di platform yang memberikan pengalaman belanja yang lebih aman dan mudah.
“Sedangkan dari sisi produk, penjualan sejumlah kategori produk di Tokopedia yang cenderung digemari para perempuan turut mengalami kenaikan selama kuartal I 2025 yaitu Fesyen Perempuan, Ibu dan Bayi, Kecantikan, Muslim Fesyen, serta Fesyen Anak dan Bayi,” kata Rizky dalam konferensi pers, Kamis (17/4/2025).
Secara keseluruhan, TikTok Shop mencatat pertumbuhan jumlah pembeli termasuk pembeli perempuan di berbagai daerah, termasuk Maluku Utara, Sulawesi Barat, Aceh, Lampung, dan Bali, dengan rata- rata kenaikan lebih dari 1,5 kali lipat.
Hal ini menunjukkan bagaimana TikTok Shop by Tokopedia bisa menjangkau berbagai lapisan masyarakat yang lebih luas, termasuk perempuan di luar kota-kota besar.
Melihat tren positif ini, inisiatif Beli Lokal terus menjadi fokus utama Tokopedia dan TikTok Shop. Kampanye ini menampilkan produk-produk pilihan dari merek lokal, termasuk dari merek lokal yang didirikan oleh perempuan Indonesia.