FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Generasi milenial dikenal sebagai generasi serba cepat, melek teknologi, dan aktif dalam perencanaan keuangan mereka. Namun, generasi milenial juga masih awam terhadap keuntungan dan kemudahan yang bisa didapatkan melalui penggunaan instrumen keuangan seperti salah satunya kartu kredit. Sebagai solusi atas tantangan tersebut, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) yang merupakan organisasi dengan fokus customer-centric dan financial solution provider, mempunyai Kartu Kredit Danamon Mastercard Platinum yang dirancang khusus untuk membantu Generasi Milenial dalam mengatur pengeluaran keluarga dan mewujudkan #WacanaJadiNyata.
“Danamon memahami bahwa Generasi Milenial membutuhkan instrumen keuangan yang tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran, tetapi juga dapat membantu mereka mengelola keuangan secara efektif. Akan tetapi, kami juga menyadari masih banyak misinformasi yang beredar mengenai fungsi dan kegunaan kartu kredit. Padahal, sebagai salah satu alat pembayaran non-tunai dari lembaga perbankan, kartu kredit dapat mempermudah transaksi untuk berbagai kebutuhan, dan jika digunakan dengan bijak, kartu kredit dapat menjadi kunci penting dalam membangun kesehatan finansial jangka panjang,” ujar Enriko Sutarto selaku Consumer Lending Business Head Danamon.
Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa 24,6% dari 47,85 juta orang kelas menengah di Indonesia adalah Generasi Milenial. Kelompok yang lahir antara 1981 hingga 1996 ini didominasi oleh pekerja aktif 69%, dengan 30% sebagai ibu rumah tangga, dan 1% tidak bekerja. Riset Global Loyalty Indonesia tahun 2024 mengungkapkan bahwa Generasi Milenial mengutamakan pendapatannya untuk kebutuhan esensial seperti makanan, tagihan rutin, transportasi, dan pendidikan termasuk pendidikan untuk anaknya.