Tim Peneliti Unhas Bantu Tingkatkan Pendapatan Petani Takkalasi Lewat Pengolahan Biji Kemiri

Jumat, 21 Agustus 2020 09:45
Belum ada gambar

FAJAR.CO.ID, BARRU– Tim peneliti dari Program Kemitraan LP2M UNHAS melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan melatih ibu ibu petani yang tergabung dalam kelompok tani Lawampang Lestari di Dusun Lawampang, Desa Takkalasi Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru dalam mengolah biji kemiri menjadi berbagai macam diversifikasi produk turunan.

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan Kamis (20/8/2020). Acara ini dihadiri oleh ibu-ibu petani, ketua kelompok tani, masyarakat setempat, tim pengabdian yang di ketuai oleh Fitriwati Djam`an dan mendapat dukungan penuh dari Lurah Takkalasi, karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat petani dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga mereka.

Peserta dalam kegiatan ini dibatasi dalam jumlah peserta yang terbatas sebanyak 11 orang yang terdiri dari perwakilan dari kelompok tani Lawampang Lestari. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti setiap proses pembuatan dari tahap awal sampai ke tahap akhir, disebabkan karena pengolahan minyak kemiri dan handbody lotion merupakan sesuatu yang baru bagi mereka.

Terdapat dua program utama dalam kegiatan ini yaitu. Program pertama terdiri dari pengolahan biji kemiri menjadi dua produk turunan; minyak kemiri dan handbody lotion dari ekstrak biji kemiri. Kegiatan pengolahan dilakukan oleh dipandu oleh tim ahli beserta ibu ibu dari kelompok tani.

Program kedua adalah Pengepakan (Packaging). Pada tahap ini, ibu ibu petani dituntut untuk mengembangkan ide, inovasi dan kreatifitas mereka untuk mendesain model packaging yang mempunyai desain menarik, simple, fungsional dan berkualitas.

“Program selanjutnya yang akan dikembangkan adalah pendampingan dalam pemasaran (Marketing) produk yang dihasilkan baik secara offline maupun secara online,” kata Fitriwati.

Selama ini, produk biji kemiri yang melimpah tidak dimanfaatkan secara maksimal, hasil panen kemiri dikumpulkan dalam karung dan bertumpuk didalam dan halaman rumah selama berbulan bulan. Oleh karena itu, realitas ini menjadi landasan atau alasan utama yang mendasari kegiatan pengabdian ini.

Komentar

VIDEO TERKINI