Vaksin Pfizer, Sulsel Dapat Jatah 57.330 Dosis

Senin, 18 Oktober 2021 20:16

Vaksin Covid-19

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Sulsel mendapatkan 57.330 dosis vaksin Pfizer. Vaksin buatan Amerika Serikat ini sempat bermasalah dalam hal penyimpanan. Lantaran Sulsel tidak memiliki ruang pendingin khusus dengan suhu minus 70 derajat celcius.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, dr Arman Bausar mengatakan, Sulsel hanya memiliki ruang pendingin minus 20 derajat celcius. Makanya, distribusi vaksin Pfizer harus segera dihabiskan dalam waktu satu bulan.

“Kita hanya berikan untuk warga di Makassar. Karena harus dihabiskan sebelum expired. Saat ini Makassar yang paling tinggi animo masyarakatnya untuk mendapatkan suntik vaksin,” jelas dr Arman, Minggu, 17 Oktober.

Karena memiliki struktur yang sama dengan vaksin Moderna, Pfizer hanya diperuntukkan untuk masyarakat yang belum pernah vaksinasi sama sekali.

“Persyaratannya hampir sama dengan Moderna. Pekan depan akan mulai kita laksanakan pendistribusiannya untuk masyarakat,” sambung Dirut RSKD Dadi ini.

Kepala Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Diskes Sulsel, Muhammadong menambahkan, semakin beragamnya jenis vaksin dapat mempercepat akses vaksinasi. Target herd immunity dapat segera tercapai akhir tahun ini.

“Mudah-mudahan kami dapat segera mencapai target 70 persen di akhir tahun nanti,” harap Muhammadong. (asri)

Komentar

VIDEO TERKINI