Dosen Unismuh Ini Sukses Jadi Enterpreneur, Jual Oleh-oleh Khas Makassar hingga Mancanegara

  • Bagikan

Saat ini pula, lanjut dosen mata kuliah kewirausahaan Unismuh Makassar ini, telah mempekerjakan tujuh orang karyawan. Yang menarik, selain bekerja di tokonya, Fakhruddin juga memberikan kesempatan waktu kepada karyawannya yang ingin kuliah sambil bekerja.

Baginya, pendidikan adalah yang utama. Itulah sebabnya Fakhruddin tidak melarang satu pun karyawannya untuk menikmati pendidikan, tanpa terikat oleh waktu pekerjaan yang sangat ketat.

"Total karyawan yang sudah bergabung ada tujuh orang yang dari kalangan siswa yang lulus SMA, tapi tidak lanjut kuliah karena ekonomi dan dia dari daerah. Mereka merantau untuk niat bekerja. Kami butuh itu," katanya di tokonya.

Diketahui, ayah satu anak ini juga disibukkan dengan rutinitasnya sebagai dosen di jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Unismuh Makassar. Tentu, waktu mengajar dan berjualan harus seimbang.

Namun berkat kegigihan dan kepandaian Fakhruddin, ia mampu mengatur itu. Apalagi saat ini sistem perkuliahan masih ada yang menerapkan pembelajaran online.

Sehingga, pembelajaran online tidak terlalu mengganggu aktifitasnya sebagai pengusaha.

"Memang sudah dijadwalkan untuk pembagian waktu mengajar dan berjualan. Kami dapat amanah 10 kelas. Kalau sudah ada niat, Insya Allah terlaksana. Apalagi saat ini masih ada pandemi, jadi ada online dan offline, jadi kami usahakan bisa berbagai waktu," jelasnya.

Fakhruddin juga tidak ingin ilmunya hanya dinikmati oleh keluarganya saja. Namun ia juga kerap memberikan motivasi dan strategi kepada mahasiswanya, untuk membangun usaha sendiri.

  • Bagikan