FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Antusiasme masyarakat dalam mendukung pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, melalui platform Tokopedia semakin meningkat.
“Makassar, Denpasar dan Palembang menjadi daerah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual selama 2021 dibandingkan 2020,” jelas Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho, Sabtu (15/1/2022).
Tokopedia mencatat kenaikan transaksi rata-rata UMKM Makassar menjadi lebih dari 2x lipat. Makanan dan Minuman, Ibu dan Anak dan Fesyen Anak, serta Kecantikan menjadi kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi di Makassar selama 2021 dibandingkan 2020.
Berawal sebagai penjual sayur konvensional yang menggunakan sepeda motor, Roemah Sajoer Makassar, mengalami peningkatan omzet hingga 8x lipat sepanjang 2021 melalui Tokopedia.
UMKM yang memberdayakan petani setempat ini memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia untuk membantu menjangkau masyarakat di seluruh Indonesia dengan lebih efisien.
Berbagai temuan menarik di atas didukung oleh sederet inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang diusung selama 2021 untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat sehingga UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.
Contoh program turunan inisiatif Hyperlocal termasuk Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Bangga Buatan Indonesia dan masih banyak lainnya.
Selain itu, ada Digitalisasi Pasar Tradisional dimana Tokopedia bersama pemerintah mendigitalisasi pasar tradisional di berbagai kota. Contohnya, ada Pasar Pa’baeng-baeng Timur dan Pasar Kampung Baru di Makassar.