Polisi: Serbuk Pohon Rambutan Sebabkan Sungai di Gowa Tertutup Busa?

  • Bagikan
Sungai di Gowa Tertutup Busa

FAJAR.CO.ID, GOWA - Anak sungai yang sempat tertutupi oleh gelembung busa di Dusun Mala'lang, Desa Lonjoboko, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa kemarin masih menjadi tanda tanya.

Polisi menyebut, busa itu muncul diduga akibat adanya aktifitas penebangan pohon rambutan hutan, yang menyisakan serbuk yang jatuh ke sungai hingga menimbulkan busa.

"Munculnya busa pada aliran sungai diakibatkan adanya pohon rambutan milik warga, yang ditebang di kebun miliknya. Lalu mengeluarkan busa lalu mengalir ke anak sungai," kata Kapolsek Parangloe, AKP Mudatsir, Kamis (10/2/2022).

"Jadi saya tegaskan bahwa lokasi penebangan pohon rambutan tersebut tidak masuk dalam kawasan hutan produksi dan kawasan hutan lindung," sambung dia dalam rilisnya yang diterima Fajar.co.id.

Pihaknya juga mengaku telah berkoordinasi dengan aparat setempat tentang penyebab sungai yang sempat ditutupi busa itu diduga akibat serbuk pohon rambutan hutan.

"Informasi tersebut diperkuat oleh kepala Kampung Beru, Hesty Herlina Herman yang mana menjelaskan bahwa penyebab berbusanya air sungai tersebut, karena adanya seorang warga menebang sebuah pohon rambutan di kebun miliknya yang kebetulan berdekatan dengan anak sungai tersebut," jelasnya.

Namun untuk memastikan serbuk pohon itu bisa mengeluarkan busa bila terkena air, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gowa masih menyelidiki itu. Pihaknya belum bisa memberikan keterangan resmi atas peristiwa itu.

Sebelumnya diberitakan, anak sungai di dataran tinggi Kabupaten Gowa tersebut sempat ditutupi oleh gelembung busa berwarna putih, dan menutupi aliran air di anak sungai tersebut.

  • Bagikan