Ridwan Kamil Desain Masjid Syaikh Ajilin di Gaza, Begini Ucapan Terima Kasih Warga Palestina

  • Bagikan
Warga Palestina menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil karena pembangunan fisik Masjid Syaikh Ajilin di Gaza, Palestina, yang dirancang RK konstruksi bangunnya sudah mulai berdiri. (Instagram Sheraze Aliya Gaza/Antara)

Ridwan Kamil secara khusus mendesain masjid yang arsitekturnya menggabungkan bentuk bangunan modern dan simbol nilai-nilai Islam usai diminta pihak Aman Palestin Indonesia sejak menjabat Wali Kota Bandung. Biasa mendesain masjid, Ridwan Kamil mengaku penyusunan desain Syaikh Ajilin bukan hal mudah.

RK juga berjuang dengan urusan emosional karena pembangunan masjid itu bisa menjadi sejarah baru bagi hubungan Indonesia-Palestina. Masjid tersebut dirancang dengan mengusung konsep keseimbangan hubungan seorang muslim antara dengan ilahi, manusia, dan alam.

Konsep itu direpresentasikan lewat tiga bangunan utama masjid yang didesain dengan gaya futuristik dan menyerupai bentuk bambu runcing. Dibangun megah di tepi pantai, masjid ini akan memiliki tiga lantai yang rencananya difungsikan juga untuk madrasah agar kembali menjadi pencetak ribuan penghafal Quran.

Masjid Syaikh Ajilin sekaligus menjadi simbol merajut hubungan antara muslim Palestina dan Indonesia. Ridwan Kamil mengajak warga Indonesia untuk terus membantu pembiayaan proses pembangunan masjid tersebut.

”Kalau masjid ini selesai, harapan warga Gaza bisa beribadah kembali dengan nyaman terwujud lewat pembangunan Masjid Syaikh Ajilin. Saya titip atas nama kemanusian dan ukhuwah islamiyah kita bantu sedekah infak langsung dan digital untuk menggenapkan kemuliaan seluruh pembangunan ini,” kata Ridwan Kamil. (jpg/fajar)

  • Bagikan