Pentingnya Pemeliharaan Koleksi Museum, Muhammad Jufri: Wujud Kecintaan Sejarah dan Budaya

  • Bagikan
Kepala Dinas Kepariwisataan dan Kebudayaan Sulsel, Muhammad Jufri.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Museum merupakan sebuah wadah atau lembaga untuk menyimpan benda-benda peninggalan sejarah yang memiliki nilai penting bagi ilmu pengetahuan.

Selaras dengan itu menurut ahli permuseuman, Douglas A Allan, mengemukakan bahwa museum merupakan gedung yang di dalamnya menyimpan kumpulan benda-benda untuk penelitian dan kesenangan.

Kepala Dinas Kepariwisataan dan Kebudayaan Sulsel, Muhammad Jufri, mengatakan, peran serta pengelola dalam memelihara koleksi sangat dibutuhkan. Konservasi museum merupakan salah satu perawatan yang penting untuk menjaga kualitas koleksi di museum.

"Pengelolaan koleksi museum memiliki tujuan untuk mempertahankan kondisi fisik koleksi dari perjalanan waktu sehingga nilai yang terkandung pada koleksi juga dapat ikut dilestarikan," katanya.

Sehubungan dengan itu, pihaknya terus mendukung UPT museum dan taman budaya dalam merancang program layanan dan edukasi yang ditujukan bagi instansi terkait guna penyebarluasan informasi mengenai pengelolaan koleksi museum dan workshop konservasi, seperti penyelenggaraan kegiatan workshop konservasi koleksi museum.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan workshop konservasi koleksi museum ini peserta lebih memahami pengelolaan koleksi, kami berharap peserta lebih memahami pentingnya sebuah museum dalam suatu daerah dalam pelestarian budaya dan sejarah bangsa indonesia," pungkasnya. (ikbal/fajar)

  • Bagikan