Sempat Dikira Mirip Rudal, Benda Buatan AS yang Ditemukan di Sulsel Ini Ternyata…

  • Bagikan
Danlantamal VI Makassar, Laksamana Pertama TNI Benny Sukandari mengungkap, benda itu diduga merupakan Side Scan Sonar (SSS)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Benda misterius yang ditemukan seorang nelayan di sebuah bibir pantai di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan pada 9 Februari 2022 lalu perlahan terkuak.

Benda yang sempat disebut-sebut mirip rudal buatan negara adikuasa Amerika Serikat itu, ternyata jauh beda dari dugaan sebelumnya. Danlantamal VI Makassar, Laksamana Pertama TNI Benny Sukandari mengungkap benda itu.

Dia bilang, dugaan awal yang mirip rudal dipatahkan. Kini benda itu diduga merupakan Side Scan Sonar (SSS).

"Benda itu berfungsi sebagai sistem sonar yang digunakan untuk meneliti Sea Bottom Profile yaitu keadaan di bawah permukaan laut. Termasuk aktivitas, biodata dan segala kehidupan di bawah permukaan laut," ungkapnya dalam rilis yang diterima, Jumat (18/2/2022).

Saat ini SSS tersebut telah diamankan ke KRI Fatahillah - 361, pada Jum’at (18/02/2022). Hal itu dilakukan untuk keperluan penyelidikan lebih jauh soal benda tersebut.

“Keberhasilan informasi mengenai benda asing ini juga sesuai dengan penekanan bapak Kasal Laksamana TNI, Yudo Margono, tentang sinergitas antara TNI AL dengan para stakeholder di wilayah-wilayah pesisir dan kepulauan," bebernya.

“TNI Angkatan Laut telah bekerja sama dengan pemerintah daerah, masyarakat pesisir dan kepulauan dalam mewujudkan keamanan laut," sambung dia lagi.

Awalnya, benda yang sempat dikira rudal itu ditemukan oleh seorang nelayan yang tengah berada di bibir pantai.

"Benda itu ditemukan sama nelayan sudah dipinggir laut, mungkin dibawa arus, tapi tidak tertimbun," jelasnya.

  • Bagikan