Konferensi Tingkat Tinggi Y20 Resmi Dimulai, Airlangga Hartanto Ingatkan Sejumlah Tantangan bagi Pemuda

  • Bagikan
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto (MIFTAHULHAYAT/JAWA POS)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Konferensi Tingkat Tinggi Y20 di Indonesia telah resmi diselenggarakan. Youth 20 sendiri adalah wadah bagi pemimpin muda masa depan dari seluruh negara anggota G20 untuk berdiskusi, berargumen dan bertukar ide, hingga mencapai kesepatakan bersama terkait agenda Presidensi G20.

Dalam kesempatan itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan dukungannya terkait dengan penyelenggaraan Y20 Indonesia 2022. Dia mengingatkan bahwa pemuda memiliki sejumlah tantangan di masa, mulai dari digitalisasi hingga akibat pandemi.

Namun, dia meyakini tantangan itu akan bisa dihadapi oleh pemuda saat ini. Karena, dia meyakini pemuda merupakan mesin perubahan karena adaptif, inovatif, dan interaktif serta memiliki peran dalam pemulihan berbagai hal akibat pandemi Covid-19. “Sekali lagi saya sampaikan dukungan kepada Y20 dalam mengumpulkan berbagai pemikiran untuk mengatasi persoalan,” ujar dia dalam keterangannya, Minggu (20/2).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pun menuturkan, dalam dua tahun terakhir masyarakat dunia menghadapi tantangan global yang cukup berat akibat pandemi Covid-19, termasuk pemuda. Namun, diharapkan tantangan itu tidak mengendurkan energi pemuda untuk menumbuhkan semangat berlomba dalam merespons pemulihan ekonomi dan kesejahteraan.

“Pentingnya fungsi dan peran pemuda tidak diragukan lagi menjadi perhatian pemerintah, dalam hal ini kementerian dan lembaga terkait untuk dapat terus memanfaatkan segala potensi yang ada melalui penyadaran, pemberdayaan, dan pembinaan pemuda di berbagai bidang,” ujarnya.

  • Bagikan