Di Lapas Narkotika Sungguminasa WBP dididik jadi Penghafal Quran

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, GOWA - Kalapas Narkotika Sungguminasa Kemenkumham Sulsel Andi Syarif Senin (28/2)  mengatakan bahwa Untuk meningkatkan ketaqwaan  kepada   Allah SWT, warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang beragama islam di  berikan berbagai kegiatan keagamaan .

Salah satunya adalah program Tahfidz Quran (hafalan quran ) yang mulai berjalan di pertengahan tahun lalu. ada  70 orang peserta nya dan hasilnya sebanyak 25 orang sudah menghafal juz 30 ( 1 Juz) dan 9 orang sudah menghafal Juz 29 dan 30 (2 Juz).

Setiap hari sabtu pagi peserta wajib setor hafalan.  Koordinator dalam kegiatan ini adalah Muh. Arifai ( petugas  Lapas). Ia dibantu oleh  beberapa WBP Remaja Masjid.  Untuk dapat ikuti program Tahfid Quran para peserta telah lulus seleksi.

Di lapas Narkotika Sungguminasa juga ada beberapa kegiatan keagamaan yakni
Pertama, kegiatan  dirosa Alquran yang diikuti 130 orang, setiap sore dan minggu pagi.  Ini merupakan kegiatan baca tulis Al-quran level dasar khusus untuk pemula yang belum mengenal huruf Hijaiyah sama sekali.

Kedua, kegiatan tadarrus dan Tahsin Al-Quran yang diikuti 258 orang. Kegiatan ini dilaksanakan pasca tamat kegiatan dirosa, yang dilaksanakan pada pagi hari selama 3 kali dalam Seminggu, yaitu hari Senin, Rabu dan Sabtu yang dibagi dalam 3 kelompok kelas peserta. Adapun pengajar dari kegiatan ini adalah WBP alumni dari kegiatan Tartil/Murottal Al-quran.

Ketiga, Pembinaan Murottal (tartil) Al-quran. Merupakan kegiatan lanjutan pasca kegiatan Tahsin/Tadarus Al-quran yang diikuti 60 WBP tiap sesinya, tujuannya bukan hanya memperbaiki kualitas bacaan Al-Quran tapi juga sekaligus mempelajari dan memperindah irama bacaan Al-Quran.

  • Bagikan