Anies Baswedan Resmikan Jembatan Penyeberangan Phinisi Karet Sudirman, Pesepeda Juga Punya Akses

  • Bagikan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Jembatan Penyeberangan Orang dan Jembatan Penyeberangan Sepeda (JPO-JPS) Phinisi. (Dok Antara)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Jembatan Penyeberangan Orang dan Jembatan Penyeberangan Sepeda (JPO-JPS) Phinisi, Karet Sudirman, Jakarta Selatan. Pembangunan JPO-JPS ini menggunakan dana kompensasi koefisien lantai bangunan (KLB) PT Permadani Khatulistiwa Nusantara (PKN).

“Jembatan penyeberangan sepeda yang juga jembatan penyeberangan orang Phinisi Karet Sudirman ini, dengan mengucap, Bismillahirohmanirrohim, dinyatakan digunakan,” kata Anies Baswedan ketika meresmikan JPO-JPS Phinisi, di Jakarta, Kamis (10/3).

Anies Baswedan mengatakan, jembatan ini dirancang untuk bisa memfasilitasi pesepeda yang melintas di Jalan Jenderal Sudirman bisa menyeberang.

Selama ini, kata dia, pesepeda di Jalan Sudirman tidak bisa menyeberang kecuali di ujung selatan yakni Bundaran Senayan atau di ujung utara Bundaran Hotel Indonesia.

“Dengan adanya JPO-JPS ini, pesepeda memiliki akses di tengah untuk berpindah dari sisi Barat ke Timur atau sisi Timur ke Barat,” katanya.

Anies juga memastikan tidak ada perbedaan bagi jenis sepeda yang boleh memanfaatkan JPS tersebut. “Yang penting memang ini digunakan untuk menyeberang, tidak digunakan untuk kegiatan lainnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho, mengatakan JPO-PJS Phinisi Karet Sudirman itu, dibangun mulai April 2021 dan rampung pada Januari 2022.

Ia menambahkan, biaya pembangunan JPO-JPS ikonik itu menggunakan dana kompensasi koefisien lantai bangunan (KLB) PT Permadani Khatulistiwa Nusantara (PKN). “Besaran biaya konstruksi itu mencapai Rp 29 miliar,” katanya.

  • Bagikan