Penularan Covid-19 Tinggi, Tiongkok Lockdown Kota Shenzhen

  • Bagikan
Petugas medis melakukan tes Covid-19 terhadap warga Kota Shenzen (Wall Street Journal)

FAJAR.CO.ID, BEIJING -- Tiongkok kukuh menerapkan kebijakan nol kasus. Lockdown lokal masih berlaku di wilayah-wilayah dengan angka penularan tinggi. Shenzhen menjadi kota terbaru yang dikuntara. Semua transportasi umum dari dan menuju kota berpenduduk 17,5 juta jiwa itu dihentikan. Tidak ada yang boleh meninggalkan Shenzhen, kecuali untuk urusan mendesak.

”Masing-masing penduduk akan menjalani tiga ronde uji Covid-19,” bunyi pernyataan pemerintah. Lockdown di Shenzhen berlaku hingga 20 Maret.

Sebelumnya, ada beberapa kota dan wilayah yang dikuntara. Misalnya, Shanghai dan Changchun di Provinsi Jilin.

Dari 1.938 kasus penularan Minggu (13/3), sebanyak 1.400 kasus berada di Jilin. Sebagian penduduk di Cangzhou, selatan Beijing, diminta untuk di rumah saja setelah dilaporkan ada kasus penularan.

Hongkong yang berseberangan dengan Shenzhen juga masih mengalami kenaikan kasus. Minggu ada 32.400 kasus penularan baru.

Sementara itu, mantan Presiden AS Barack Obama pada Minggu menyatakan bahwa dirinya positif Covid-19. Politikus 60 tahun tersebut mengaku tenggorokannya gatal selama beberapa hari, tapi secara keseluruhan dia baik-baik saja. Sang istri, Michelle, negatif. Mereka berdua sudah mendapatkan vaksin booster. Obama yakin kondisinya yang tidak parah itu karena vaksin.

”Ini adalah semacam peringatan agar Anda segera vaksin jika belum, bahkan ketika nanti kasusnya turun,” cuitnya. (jpg/fajar)

  • Bagikan