Kaisar SiMantap, Inovasi Kanim Makassar, Layani Masyarakat Urus Paspor Sampai Kabupaten/Kota

  • Bagikan
IST

Fajar.co.id, Makassar -- Kantor Imigrasi Kelas I Makassar luncurkan Inovasi layanan Kaisar SiMantap (siap melayani anda tanpa antrian paspor) yaitu petugas imigrasi  akan mendatangi Kabupaten/Kota dengan terjadwal untuk pelayanan paspor guna memudahkan pelayanan Kemigrasian khususnya penerbitan Dokumen Perjalanan (Paspor) yang dapat dinikmati masyarakat secara langsung.

Hal Tersebut disampaikan Kakanim Makassar Agus Winarto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/3/2022).

KAISAR SIMANTAP ini sendiri, merupakan pengembangan dari Layanan Eazy Passport (layanan jemput bola) yang merupakan salah satu program Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM R.I

“Kegiatan KAISAR SIMANTAP dimulai pada bulan januari hingga Juni 2022 pada 6 Kabupaten, yakni Pangkep, Jeneponto, Bone, Maros, Takalar, dan Bone. Terlebih dahulu dilaksanakan sosialisasi terkait paspor sebelum kegiatan KAISAR SIMANTAP dijalankan,” ujar Kakanim Makassar.

KAISAR SIMANTAP mendatangi dan melayani kabupaten dengan maximal permohonan 50 permohonan (mengingat waktu jeda foto dan wawancara) yang mana waktu pelayanan dari jam 08.00 wita sampai dengan jam 15.00 wita .

Pada Bulan Januari lalu layanan KAISAR SiMANTAP telah menyasar beberapa kabupaten yang antara lain  kabupaten Pangkep, bertempat di Aula Pusat layanan Haji dan Umrah Terpadu Kementerian Agama Kabupaten Pangkep, dengan jumlah pemohon yang dilayani sebanyak 23 orang, terdiri dari 22 pemohon pergantian paspor dan 1 pemohon paspor baru.

Tahun 2021 lalu, Kanim Makassar telah menerbitkan paspor biasa sebanyak 5.201 dan paspor elektronik sebanyak 1.791. Sedangkan Eazy paspor dilaksanakan sebanyak 9 kali dengan total 639 pemohon.

  • Bagikan