New Balai Kota Akan Dibangun di CPI dengan Konsep Menara Kembar Siam Mirip Kuala Lumpur

  • Bagikan
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyebut akan melanjutkan programnya untuk membangun New Balaikota yang diberi nama Menara Kembar Siam di kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Metro Tanjung Bunga.

Pembangunan New Balaikota ini telah digaungkan sejak 17 Agustus 2018 lalu. Bahkan desainnya yang dibuat oleh Putri Sulungnya, Aura Aulia Imandara Ramdhan telah rampung beberapa tahun lalu.

Bentuk Gedung New Balaikota Makassar ini terinspirasi dari topi khas Suku Makassar, Passapu.

Danny Pomanto sapaannya mengatakan, memang awalnya sudah ada perjanjian dengan pemerintah provinsi akan membangun New Balaikota di CPI.

Namun, di era Pj Wali Kota Iqbal Suhaeb menyerahkannya kembali ke Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang akhirnya membuat Pemprov ikut menggaungkan Twin Tower. Makanya Danny mengaku akan menuntut hasil perjanjian itu.

“(New Balaikota) di sudut CPI, dulu kan sudah ada perjanjiannya dengan CPI, karena hadirnya CPI di Makassar kan tidak ada kontibusinya untuk kota, kemudian jaman gubernur NA dia hapus itu padahal sudah ada perjanjiannya, makanya sekarang saya tuntut,” katanya, Rabu, (16/3/2022).

Danny akan meminta izin kembali untuk membangun New Balaikota di lahan seluas 3,3 hektar sesuai dengan perjanjian sebelumnya.

“Haknya Pemkot itu, ada perjanjiannya, begitu saya berhenti (mencalonkan wali kota kedua kalinya), batal. Kan tidak boleh begitu, memangnya ini perjanjian main-main,” jelasnya.

Pembangunannya menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yakni bersama pihak swasta dikenal sebagai Public Private Partnership (PPP). Penggunaan APBD paling tidak hanya pada perencanaan.

  • Bagikan