Selama Pandemi, Fakultas Teknik UNM Terapkan Shift Block Time

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR--Masa pandemi tidak menjadi penghalang bagi produktivitas pelaksanaan belajar mengajar di kampus. Tak terkecuali bagi Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM) yang sebagian besar jurusan da mata kuliahnya berkaitan eksakta.

Dekan Fakultas Teknik UNM Prof Dr Ir H Muhammad Yahya MKes MEng IPU menyampaikan menerapkan sejumlah metode pembelajaran kepada tujuh jurusan dan satu program studi (prodi) lainnya yang berada di naungan Fakultas Teknik.

"Semua mata kuliah teori kita laksanakan secara daring. Praktek itu dilakukan sistem shift blok time, ada juga yang dimana dosen membuat video praktek atau media-media virtual lalu mengirimkan kepada mahasiswa," kata Prof Muhammad Yahya, siang tadi.

Secara umum selama pandemi ini membuat kalangan sivitas kampus mesti beradaptasi. Hal itu dilakukan agar penyerapan kompetensi dan keterampilan kepada mahasiswa bisa tetap maksimal. Bagaimanapun, Prof Yahya menyampaikan mata kuliah praktek tidak bisa digantikan dengan hanya sekedar berteori.

Ia menjelaskan khusus pelaksanaan Shift Block Time adalah dengan membagi jumlah mahasiswa yang masuk praktek di laboratorium dengan sejumlah shift yang berisi beberapa kelompok.

"Misal satu shift praktek mata kuliah tertentu terus menerus dalam beberapa pekan sampai pemenuhan penguasaan kompetensinya tercapai,“ kata Prof Yahya.

Rasio dan durasi pelaksanaannya diatur oleh masing-masing dosen dalam tiap prodi maupun jurusan, sesuai jumlah mahasiswa dan peralatan laboratorium. Selain Praktek Industri, pihaknya juga menerapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan mengirim mahasiswa melaksanakan praktek di perusahaan, lembaga, instansi atau industri selama enam bulan. Hasil MBKM ini sebagai pengganti 20 sks mata kuliah yang didapatkan di lapangan.

  • Bagikan