Desain New Balaikota yang Akan Dibangun di CPI, Ada Parkiran di Bawah Bukit

  • Bagikan
Desain New Balaikota yang ditampilkan dalam Rakorsus 2022. (selfi/fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Desain New Balaikota yang akan dibangun di Kawasan Center Point of Indonesia (CPI) disebut mirip Menara Kembar Siam.

Bentuk Gedung New Balaikota Makassar ini terinspirasi dari topi khas Suku Makassar, Passapu.

Pada dasarnya, desainnya ini telah rampung sejak beberapa tahun lalu. Dimana New Balaikota pertama digaungkan pada 2018 lalu.

Desain bangunan yang akan menjadi kebanggaan kota Makassar ini merupakan hasil karya Putri Sulung Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto yakni Aura Aulia Imandara Ramdhan yang tidak lama lagi melangsungkan pernikahan.

Selain mirip menara kembar, parkiran New Balaikota didesain sebaik mungkin dibawah bukit. Di bawah bukit juga akan menjadi terminal light rail transit (LRT) atau stasiun kereta. Sementara di atas bukit bakal disulap menjadi sebuah ruang terbuka hijau (RTH).

“Yang gunung ini adalah terminal LRT, tempat parkir. Ini ada gunung, di dalam gunung adalah gedung parkir. Daripada gedung parkir menghalangi pandangan, lebih baik kita bungkus dengan tanah dibikin bukit. Masyarakat bisa naik di atas bukit. Bisa lihat pemandangan. Bisa lihat RTH tapi di dalam adalah stasiun sekaligus tempat parkir,” ujar Danny Pomanto dalam Rakorsus, Selasa, (15/3/2022).

Gedung baru yang akan dibangun di atas lahan 3,3 hektar ini kata Danny telah dibicarakan pada periode pertama dia menjabat.

Hanya saja ketika masa transisi, ia mencalonkan untuk periode kedua, perjanjian itu ternyata lambat laun seolah diingkari oleh pemerintah provinsi Sulawesi Selatan.

  • Bagikan