Mudik Idulfitri 2022, Menko PMK: Insyaallah Boleh, Tinggal Kita Rapikan Aja Aturannya

  • Bagikan
Ilustrasi -- Penumpang bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (18/4/2021). (FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Ramadan tinggal menghitung hari, momentum ini biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk pergi mudik. Namun, pemerintah masih belum membahas soal penerapan larangan mudik lebaran 2022.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Namun, ada kemungkinan mudik diperbolehkan menyusul sejumlah keputusan pelonggaran aktivitas.

“Belum (dibahas soal larangan mudik), tapi InsyaAllah mudik boleh. Tinggal kita rapikan aja aturannya,” terang dia kepada wartawan di kantornya, Selasa (22/3).

Akan tetapi, mungkin nantinya terdapat syarat bagi masyarakat yang diperbolehkan untuk mudik. Salah satu syaratnya adalah vaksinasi Covid-19.

“Yang jelas diutamakan yang boleh mudik itu yang vaksin 2 kali, vaksin lengkap dan booster,” tutur dia.

Oleh karena itu, dia meminta agar masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi. Hal ini dilakukan agar pada saat momentum mudik, kejadian yang tidak diinginkan terjadi.

“Itu untuk jaga-jaga (meningkatnya kasus), marilah segera melengkapi vaksin 2 dan booster. Kita pastikan mereka yang booster itu aman untuk mudik,” tutup Muhadjir. (jpg/fajar)

  • Bagikan