Sosialisasi 4 Pilar, Hamka B Kady: Mari Jaga Persatuan, Tidak Boleh Mengkafirkan Orang Lain

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, TAKALAR -- Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar dan majemuk, telah lama dikenal oleh dunia internasional sebagai bangsa yang ramah, bangsa yang penuh dengan toleransi.

Hal ini ditekankan Anggota DPR RI, Hamka B Kady dalam gelaran Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR RI di Kabupaten Takalar, Selasa 29 Maret 2022.

Hamka kemudian memaparkan nilai-nilai luhur bangsa yang termaktub di dalam empat pilar kebangsaan.

Nilai-nilai luhur bangsa itu adalah Pancasila sebagai dasar negara, falsafah bangsa, etika moral serta alat pemersatu bangsa.

Selanjutnya Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai landasan konstitusional.

Terdapat pula Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai konsensus yang harus dijunjung tinggi serta Bhinneka Tunggal Ika sebagai semangat pemersatu dalam untaian kemajemukan bangsa

"Ada kecenderungan utamanya para pemuda yang mengemuka dewasa ini adalah perbedaan pandangan sosial. Persoalan keberagaman. Perlu saling menghargai, merawat persatuan dengan kembali menengok ke 4 pilar kebangsaan ini," papar Politisi senior Golkar itu.

Hamka juga menyebut ada kecenderungan di era modernisasi bahwa terkadang kita lupa sebagai hamba Tuhan yang Maha Esa.

Hampir semua agama mengakui adanya Tuhan walaupun cara beribadahnya berbeda-beda.

"Saya hadir untuk mengingatkan masyarakat akan Pancasila. Mari kita jaga persatuan dan kesatuan kita. Tidak boleh mengkafirkan orang lain. Agamamu ya agamamu. Agamaku ya agamaku," tegasnya.

Legislator asal Sulawesi Selatan ini menekankan pentingnya persatuan dan saling merangkul antar anak bangsa.

  • Bagikan