Gelar Diseminasi Hasil Kajian, Balitbangda Makassar Bahas Tiga Penelitian Menuju Makaverse

  • Bagikan
IST

Oleh karena itu, lanjut dia, Pemerintah Kota Makassar saat ini sedang dan secara bertahap membangun suatu sistem yang terintegrasi, terpadu dan terstruktur dengan memanfaatkan teknologi digital.

"Untuk itulah, komitmen untuk membangun sistem ada pada data yang meliputi banyak hal yang kita sebut Big Data," tambahnya.

Lebih jauh dikemukakan, perkembangan baru dari hasil pelaksanaan Rakorsus beberapa hari lalu, merupakan momentum yang sangat penting dan mengeluarkan energi tinggi dalam kerangka semangat membangun sistem yang lebih baik atau bahkan dua kali tambah baik dari yang ada sebelumnya.

Menuju Makassar Kota Metaverse atau Makaverse. Meta berarti di luar dan verse adalah alam semesta. Arti kata dalam perspektif teknologi digitalisasi yaitu sesuatu yang nyata kemudian dikonversi dalam dunia maya. Atau dengan kata lain pemanfaatan teknologi digital untuk mendeskripsikan dan menyederhanakan suatu urusan rumit menjadi lebih mudah dan praktis.

Efektif dan efisien serta mobilitas yang cepat. Untuk itu, Pemkot Makassar perlu melakukan transformasi struktural, kultural, digital, serta sosial untuk mempersiapkan menuju Makassar kota metaverse.

"Kita berharap melalui kegiatan diseminasi yang diinisiasi Balitbangda ini, bisa menjadi wadah untuk mensinergikan dan membangun kolaborasi untuk mewujudkan berbagai hal yang akan menjadi pilar dalam penerapan Makaverse," jelasnya. (ikbal/fajar)

  • Bagikan