PPKM Makassar Tiba-tiba Naik Level 3, Mendagri Minta Vaksinasi Lansia Digenjot

  • Bagikan
Kepala Kesbangpol Makassar Zainal Ibrahim saat konsultasi dengan pihak Kemendagri.

Berdasarkan data yang digunakan untuk penentuan data PPKM yang dapat diakses pada vaksin.kemkes.go.id pada tanggal 24 April 2022 diketahui bahwa indikator pada transmisi komunitas masuk kategori tingkat 1 baik kasus konfirmasi, rawat inap RS, dan kematian berada pada tingkat 1.

“Sedangkan pada kapasitas respons masuk kategori terbatas, kapasitas testing dan treatment memadai, sedangkan kapasitas tracing terbatas. Berdasarkan indicator tersebut Kota Makassar masuk kategori level 2,” ujar Edy Suharmanto.

Hanya saja, berdasarkan indikator vaksin kata dia, capaian total vaksinasi lanjut usia dosis satu Kota Makassar masih di angka 43,09 persen sehinga kurang dari 60 persen level kota Makassar naik ke level 3.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Makassar dr Nursaidah Sirajuddin menyebut Makassar tetap level dua karena capaian vaksinasi lansia sudah 60 persen. Sementara kasus dalam sepekan terakhir sudah kurang dari 20.

“Jadi dimana alasan melevel tigakan kita. Ternyata setelah kami telusuri mereka menganggap dosis dua Makassar baru 45 persen, saya telpon Kemenkes, ternyata tetap level dua,” jelas Ida sapaannya. (selfi/fajar)

  • Bagikan