Pemkot Parepare Majukan UMKM, Tembus Peritel Modern

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PAREPARE -- Program Pemerintah Kota Parepare memajukan UMKM melalui berbagai kegiatan pelatihan. Salah satunya dengan menggelar pelatihan Kewirausahaan Mandiri yang menggandeng peritel nasional Indomaret.

Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim, membuka pelatihan Kewirausahaan Mandiri bagi Pelaku UMKM yang dilaksanakan di Gedung Balai Ainun Habibie, Selasa (24/5/2022).

Pelatihan Kewirausahaan Mandiri bagi Pelaku UMKM merupakan kerja sama Indomaret dengan Dinas Tenaga Kerja Parepare. Hadir Pimpinan PT Indomaret Makassar, Kepala BPS Sulsel, Asisten III, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Camat, Lurah, petugas pendata pelaku UMKM, serta puluhan pelaku UMKM.

Pangerang Rahim menjelaskan, Pemerintah Kota Parepare selalu terbuka untuk bersinergi dengan BUMN, BUMD, maupun swasta dalam memajukan pelaku UMKM melalui berbagai pelatihan. Tujuan sinergitas ini sebagai langkah pemulihan ekonomi berkelanjutan.

“Ada kolaborasi nanti dengan Indomaret dari hasil kegiatan ini. Produk-produk pelaku UMKM yang berkualitas dan standar akan dimasukkan ke ritel-ritel Indomaret,” jelasnya.

Pengerang mengungkapkan, selain pelatihan berwirausaha bagi UMKM, juga memberikan pelatihan bagi pendata pelaku UMKM.

“Supaya data UMKM kita tetap akurat. Pendataan pelaku usaha, jenis dan usahanya apa. Langkah ini juga tentunya kita harapkan ada peningkatan dalam pemulihan ekonomi berkelanjutan seperti yang selalu disampaikan bapak wali kota (Taufan Pawe),” ungkapnya.

Development Manager Indomaret Cabang Makassar, Hendra Satria menuturkan, pelatihan yang diberikan di antaranya, edukasi cara mengemas produk jualan.

  • Bagikan