Sulsel Tuan Rumah Marpolex 2022, Tiga Negara Bakal Latihan Penanggulangan Tumpahan Minyak

  • Bagikan
Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman bertindak sebagai inspektur upacara pembukaan Latihan Regional Polisi Kelautan Tahun (Regional Marpolex) 2022 dan Latihan Bersama Penanggulangan Tumpahan Minyak di Laut di Lapangan Upacara Rumah Jabatan Gubernur, Selasa, 24 Mei 2022.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman bertindak sebagai inspektur upacara pembukaan Latihan Regional Polisi Kelautan Tahun (Regional Marpolex) 2022 dan Latihan Bersama Penanggulangan Tumpahan Minyak di Laut di Lapangan Upacara Rumah Jabatan Gubernur, Selasa, 24 Mei 2022.

Upacara Dihadiri juga secara virtual oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, hadir secara langsung Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt Mugen Sartoto serta delegasi negara sahabat, Kepala Delegasi Penjaga Pantai Filipina, Robert N Patrimonio dan Kepala Delegasi Penjaga Pantai Jepang, RADM Hashimoto Masanori.

Dimana 3(tiga) negara sepakat melakukan Latihan Bersama Penanggulangan Tumpahan Minyak di Laut secara regional (Regional Marpolex) di Pelabuhan Makassar. Ketiganya yakni Indonesia, Filipina, dan Jepang. Kegiatan dilaksanakan sudah rutin dilaksanakan sebanyak 22 kali dan tahun ini Sulsel menjadi tuan rumah. Total sebanyak 15 kapal akan diturunkan dari ketiga negara.

Menteri Budi Karya Sumadi berharap, menyampaikan komitmen Filipina atas kegiatan ini sebagai negara Archiepelago terbesar bersama Indonesia dan berbatasan langsung. Demikian juga dengan Jepang yang selalu membantu dalam penangan tumpukan minyak. Sehingga kegiatan latihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan untuk penanganan tumpahan minyak.

Andi Sudirman berharap agar kegiatan ini sebagai komitmen bersama dan momentum memberikan aksi dan pemulihan kondisi laut dari peristiwa tumpahan minyak. “Ini bukan hanya untuk Indonesia tetapi lintas negara atau negara yang ada di kawasan,” kata Andi Sudirman Sulaiman saat menyampaikan sambutan secara bilingual.

  • Bagikan