CJH Parepare Tanpa Kendala

  • Bagikan
Pelaksanaan Ibadah Haji

FAJAR.CO.ID, PAREPARE -- Persiapan pemberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kota Parepare sudah rampung. Tidak ada kendala yang menghambat, sehingga semuanya sudah selesai dengan baik

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Kemenag Kota Parepare, Abdul Gaffar. Menurutnya, semua jemaah yang hendak berangkat sudah menuntaskan semua rangkaian, tidak terkecuali manasik haji di tingkat kota.

”Pada dasarnya semua persiapan penyelenggaraan ibadah haji Parepare berjalan sesuai yang kami harapkan. Jemaah telah mengikuti rangkaian persiapan pemberangkatan, sampai pelaksanaan manasik haji tingkat kota juga sudah dilalui,” ujarnya kepada FAJAR, Kamis, 26 Mei.

Lebih lanjut Abdul Gaffar mengatakan, berkaitan dengan kuota, memang ada pengurangan. Awalnya, kuota haji dari Kota Parepare sebanyak 120 jemaah. Tetapi saat ini kuota yang tersedia hanya 57 jemaah saja.

Hak itu disebabkan oleh pengurangan kuota yang memang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Sebab, pihak Arab Saudi memang meminta pengurangan akibat dari pandemi covid-19 yang melanda.

”Sekarang 57 orang dari kuota sebelumnya itu 120. Itu karena permintaan Arab Saudi, makanya pemerintah kurangi kuotanya,” jelasnya.

Sementara pihak penyelenggara haji dan umrah PHU Kota Parepare, Eka menegaskan, semua calon jemaah haji kloter pertama sudah siap berangkat via asrama haji Sudiang.

”Untuk pemberangkatan kloter pertama sudah rampung semua. Jadi kuota murni Parepare yang 57 itu siap berangkat, cuma memang tidak sampai 50 persen dari kuota awal, karena ada pengurangan,” kata Eka.

  • Bagikan