Pemkot Dukung Inovasi Layanan Kanim Parepare

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PAREPARE -- Pemerintah Kota Parepare memberi dukungan penuh terhadap inovasi layanan yang diluncurkan Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Kota Parepare.

Dukungan ini ditegaskan langsung oleh Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim, saat menghadiri peresmian loket layanan Kanim Parepare, Jumat, 27 Mei.

”Tentu ini sesuatu yang bagus, bisa mendorong kolaborasi yang baik untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih di Kota Parepare,” ujarnya.

Diketahui, Kanim Kelas II Kota Parepare telah meluncurkan tiga inovasi baru menuju target Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Mengingat, saat ini Kanim Parepare sudah menyandang status Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kota Parepare, Arief Eka Riyanto mengatakan, pihaknya telah meluncurkan tiga inovasi layanan, khususnya dalam hal pembuatan paspor.

Proses pembuatan paspor di Kanim Parepare kini hanya butuh waktu lima menit saja. Inovasi ini merupakan renovasi dari layanan lama, 12,5, yang sempat berubah menjadi layanan 12 pas.

”Kami punya inovasi 12,5 yang kemudian berubah menjadi 12 pas. Nantinya akan berkembang lagi menjadi lima menit. Itu merupakan layanan untuk membuat paspor. Jadi paspor dibuat hanya dalam waktu lima menit saja. Kalau lebih, ada kompensasi layanan,” ujarnya, Jumat, 27 Mei.

Lebih lanjut Arief mengatakan, ada dua layanan lagi yang mereka luncurkan, masing-masing Pas Tuju dan Apa Tujuh. Pas Tuju merupakan layanan paspor sampai tujuan. Sehingga, masyarakat tidak perlu lagi bolak-balik ke kanim, sebab paspor akan diantarkan.

  • Bagikan