Proposal yang terkumpul akan dinilai berdasarkan kriteria SMART yakni Specific atau tujuan bisnisnya spesifik dan jelas; Measureable, modal usahanya terukur dengan biaya awal Rp10 juta.
Selain itu, proposal juga akan dinilai secara Achievable atau rasionalisasi usaha; Relevant atau relevansinya dengan situasi anak muda atau kebutuhan masyarakat; dan Timely atau mempunyai target waktu pencapaian dan berjalannya usaha yang direncanakan.
Nantinya, setiap kategori akan dipilih 10 proposal pemenang. Pengumuman dilakukan secara online melalui akun media sosial PIP tanggal 4 Juli 2022.
Pemilik proposal yang terpilih akan diundang dan mempresentasikan proposal di hadapan para juri yang berasal dari Kementrian Keuangan, PIP dan praktisi dengan kriteria penilaian yang sudah ditetapkan.
Setelah melalui tahap presentasi, pembiayaan akan disalurkan melalui PT Pegadaian dan peserta akan mendapatkan pendampingan serta pengawasan perkembangan usaha dari tim pendamping langsung dari PIP. (ikbal/fajar)