Ekosistem Kota Lahirkan Inovasi Ramah Lingkungan, Parepare Dapat Penghargaan Daerah Paling Berkelanjutan di Indonesia

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, DEPOK – Masyarakat Sulsel, khususnya Kota Parepare patut berbangga. Betapa tidak, Kota Parepare mendapat penghargaan lingkungan kategori Daerah Paling Berkelanjutan dari Univesitas Indonesia (UI).

Penghargaan ini sangat bergengsi. Penilaian yang dilakukan Universitas Indonesia sangat ketat. Dari 34 kabupaten/kota yang ikut secara nasional, hanya lima daerah yang meraih penghargaan.

Berdasarkan peringkat Kota Paling Berkelanjutan, Kota Parepare masuk lima besar. Sedangkan perwakilan Sulsel lainnya Kota Makassar, berada pada peringkat 27.

Kota Parepare berhasil meraih penghargaan Kota Paling Berkelanjutan Bidang Energi dan Perubahan Iklim di Indonesia.

Wali Kota Parepare Taufan Pawe menerima langsung penghargaan yang diserahkan oleh Sekretaris Rektor Universitas Indonesia, dr. Agustin Kusumayati didampingi Ketua UI GreenMetric Prof. Riri Fitri Sari. Penyerahan penghargaan berlangsung di Balai Sidang Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Jawa Barat, Kamis, 21 Juli 2022.

Ketua UI GreenMetric Prof. Riri Fitri Sari, mengatakan, penghargaan ini dinilai berdasarkan enam variabel. Di antaranya Penataan Ruang dan Infrastruktur, Energi dan Perubahan Iklim, Tata Kelola Sampah dan Limbah, Tata Kelola Air, Akses dan Mobilitas, serta Tata Pamong/Governance.

"Penghargaan ini membuktikan kita punya pemimpin-pemimpin sangat kuat yang akan mampu membuat grafik Indonesia itu naik terus menjadi negara semakin maju melaui daerah-daerahnya,” katanya.

Sementara Sekretaris Rektor Universitas Indonesia, dr. Agustin Kusumayati menilai, para peserta yang mengikuti Green City Metric 2022 merupakan inspirator bagi daerah lain.

  • Bagikan