Resmi Dibuka, Fesyar 2022 Fokuskan Akselerasi Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR--Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) tahun 2022 resmi dibuka hari ini, bertempat di Ballroom Sandeq, Hotel Claro, Makassar, Kamis (28/7/2022).

Festival yang rutin diadakan tiap tahun ini, dibuka resmi dengan tabuhan gendang oleh Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Aida S Budiman, dan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Amir Uzkara.

Fesyar yang diadakan oleh BI ini, digelar di tiga kawasan, yakni Jawa, Sumatra, dan Kawasan Timur Indonesia (KTI) tepatnya di Makassar. Festival ini mengusung tema “Sinergi Ekonomi dan Keuangan Syariah KTI untuk Memperkuat Pemulihan Ekonomi KTI yang Inklusif”.

Dalam sambutannya, Deputi Gubernur BI Aida S Budiman menjelaskan, Fesyar kali ini pertama kalinya digelar secara daring dan luring. Setelah tahun sebelumnya hanya bisa secara daring.

Lebih lanjut, Aida menyinggung kondisi geo politik. Aida bercerita, konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina, berakibat pada harga komoditas dan energi yang naik. Akibatnya, di beberapa negara terjadi inflasi.

Menurutnya, walaupun saat ini terjadi tinflasi. Tapi apa yang terjadi di Indonesia masih lebih baik daripada negara tetangga.

“Sejauh ini perekonomian di Indonesia masih cukup baik. Tapi kita tetap berhati-hati karena perekonomian global yang tidak pasti,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyambut baik Festival yang diadakan di wilayahnya.

“Saya berbahagia karena Makassar jadi tuan rumah. Kesyukuran karena memiliki dampak positif perekonomian di indonesia timur,” ungkapnya.(Arya/Fajar)

  • Bagikan