Andi Irwan-IAS Letakkan Batu Pertama Masjid Bernuansa Rumah Adat Bugis di Wakka

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Wakka dalam waktu dekat akan tercatat dalam sejarah. Dusun di Desa Tadang Palie, Kecamatan Cempae, Pinrang itu kelak menjadi daerah pertama di dunia yang akan memiliki masjid bernuansa rumah adat Bugis.

Nama masjidnya adalah Masjid Bugis Wakka. Masjid ini mulai dibangun secara resmi. Ditandai dengan peletakan batu pertama oleh sejumlah tokoh dengan berbagai latar belakang, Minggu, 7 Agustus 2022.

Ada Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid, kandidat bakal calon gubernur Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin yang juga mantan wali kota Makassar dua periode, Kapolres Pinrang, AKBP Muh. Roni Mustofa, Dandim Pinrang, Letkol. Inf. Aris Barunawan, dan Wakapolres Sidrap, Kompol Mukhtar, dan tokoh masyarakat Pinrang.

Irwan Hamid mengaku sangat mengapresiasi inisiatif pembangunan masjid pertama bernuansa rumah adat bugis ini. "Insya Allah dua hal ditemukan dari gagasan ini. Pertama, urusan akhiratnya dapat, dan urusan melestarikan kearifan lokal juga dapat," terang bupati Pinrang ini.

Irwan juga mengaku mengapresiasi kehadiran sejumlah tokoh dari berbagai latar belakang. "Kita-kita para elite ini penting memberi perhatian besar soal urusan keagamaan. Karena yakinlah bahwa ketika kualitas beragama baik, maka masyarakatnya juga akan baik," sambung Andi Iwan.

Ketua DPD Demokrat Pinrang ini juga secara khusus menyebut IAS sebagai tokoh yang punya kepekaan besar mengurus masjid. "Saya sudah puluhan tahun bersahabat dengan IAS, dan saya tahu sudah begitu banyak pembangunan masjid yang dia bantu, dan beberapa masjid yang sudah ia bangun. Salah satunya Masjid Terapung Makassar," tutupnya.

  • Bagikan