Viral Puluhan Warga Tertipu Travel Abal-abal, Ketua ISYEF Sulsel Ingatkan Lagi Jangan Tergiur Harga Murah

  • Bagikan
Ketua Indonesian Islamic Youth Economic Forum (ISYEF) Sulsel, dr Fadli Ananda SpOg

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Puluhan warga di Sulsel mengaku tertipu travel abal-abal. Total kerugian yang dialami mencapai Rp 3 miliar.

Informasi ini viral di sosial media, setelah para korban mendatangi kantor travel tersebut untuk meminta pengembalian uang setelah tak kunjung diberangkatkan. Mereka mengaku mengenal travel tersebut dari postingan sejumlah selebgram, dan tergiur dengan harga murah.

Ketua Indonesian Islamic Youth Economic Forum (ISYEF) Sulsel, dr Fadli Ananda SpOg, tak hentinya mengingatkan masyarakat agar tidak tergiur dengan promosi harga murah. Baik itu untuk perjalanan ibadah umrah ataupun wisata.

"Pada umumnya, travel yang menawarkan harga tidak masuk akal itu menggunakan skema ponzi. Dan ini sangat merugikan," ujarnya, Sabtu, 17 September 2022.

Khusus untuk perjalanan ibadah umrah, Dokter Fadli meminta masyarakat hati-hati dengan promosi bayar saat ini, namun pelaksanaan umrah baru satu atau dua tahun setelahnya. Hal tersebut sangat beresiko.

"Kalau bayar sekarang dan umrahnya tahun depan atau dua tahun depan, itu ada resiko juga. Karena sebenarnya umrah tidak ada kuota. Jadi kalau sudah bayar, harusnya bisa berangkat sesuai dengan tanggal kesepakatan," terangnya.

Dokter Fadli mengungkapkan, seiring membaiknya perekonomian masyarakat pasca terpuruk akibat pandemi Covid 19, travel-travel yang menawarkan paket perjalanan dengan harga murah juga ikut menjamur. Travel-travel ini bahkan menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan paket-paket tersebut, untuk menarik perhatian masyarakat.

  • Bagikan