Tiga Hari Kedepan Cuaca Makassar dan Sekitarnya, Waspada Hujan Lebat dan Petir

  • Bagikan
Ilustrasi Cuaca

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – BMKG Makassar mengeluarkan peringatan dini akan terjadinya cuaca ekstrem untuk cuaca Makassar dan sekitarnya dalam tiga hari kedepan.

Cuaca ekstrem tersebut bisa ditandai dengan curah hujan lebat dalam dua jam, yang bisa mencapai 20 milimeter. Peringatan dini BMKG Makassar berlaku mulai Rabu (12/10/2022) hingga Jumat (14/10/2022).

Berikut peringatan dini cuaca Makassar dan sekitarnya tiga hari ke depan, yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang:

Rabu (12/10/2022)

Luwu Timur
Luwu
Enrekang
Gowa

Kamis (13/10/2022)
Luwu
Enrekang
Makassar
Gowa

Jumat (14/10/2022)
Luwu Timur
Luwu Utara
Tana Toraja
Enrekang
Pinrang
Gowa
Makassar

BMKG menyebutkan, hasil analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan

Kemudian aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti MJO (Madden Jullian Oscillation) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin juga secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

Demikian update cuaca Makassar dan sekitarnya dalam tiga hari kedepan. (pojoksulsel)

  • Bagikan