Resmi Dilantik, IK-DNT Sulsel Fokus Satukan Masyarakat Batak di Tanah Daeng

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Ikatan Keluarga Dalihan Na Tolu Sulawesi Selatan Periode 2022--2025 resmi dikukuhkan pada Ahad, 16 Oktober 2022, di Pantai Biru, Tanjung Bunga Makassar.

Ikatan Keluarga Dalihan Na Tolu (IK-DNT) ini merupakan organisasi yang menghimpun keluarga Batak yang ada di Sulawesi Selatan.

Ketua panitia pengukuhan, Baharuddin Siregar melaporkan, keluarga Batak yang hadir paling jauh, datang dari Majene, Polman, Sulawesi Barat.

"Mereka hadir membersamai kita dari Majene, ini sesuatu hal yang sangat membahagiakan kami selaku panitia. Ditambah lagi, hampir semua koornitator daerah hadir. Semoga ini menjadikan kita lebih akrab dalam kekeluargaan Dalihan Na Tolu,” ungkap owner Uccok Knalpot ini.

Ketua IK-DNT Sulsel, Jurianto Sirait mengungkapkan, organisasi yang ia pimpin ini sudah berdiri di tanah Daeng ini sejak 1964.

“Tepatnya, pada 24 Maret 1964 dengan nama Dalihan Na Tolu Makassar, sempat juga Dalihan Na Tolu Ujung Pandang. Artinya, kita sudah 58 tahun berdiri di Sulawesi Selatan ini," kata dia.

Ia menuturkan, organisasi ini akan berfokus pada upaya untuk menjaga silaturahim antar sesama masyarakat Batak. Menurut dia, wadah komunikasi ini penting bagi sesama anak rantau.

"Ini adalah wadah komunitas yang kami cita-citakan akan menjadi unggul, yang bernafaskan agama dan budaya, sehingga masyarakat Batak ada wadah untuk tetap menjaga silaturahim dan solidaritas kami," ujar Jurianto.

Ia melanjutkan, kepengurusannya ini akan mengupayakan berdirinya sekretariat tetap untuk menjadi tempat bersilaturahim secara rutin.

  • Bagikan