Kader Komunitas Pahlawan SIAP Aktif Jadi Pegiat Kampanye Covid-19 kepada Lansia

  • Bagikan

Sosok Pahlawan Lansia SIAP, sangatlah penting terutama di wilayah yang masih berada di tingkat capaian vaksinasi COVID-19 yang rendah. Lebih jauh lagi, Pahlawan SIAP akan menjadi bagian dari agen perubahan yang bertugas memberikan edukasi lanjutan untuk mendapatkan vaksinasi lengkap COVID-19, mengupayakan giat sosialisasi dan persuasi penerapan pola hidup sehat berkesinambungan, serta strategi bersiap siaga melewati pandemi, khususnya kepada masyarakat lansia di wilayahnya masing-masing.

Pahlawan Lansia SIAP yang terpilih telah dipastikan memenuhi syarat diantaranya; telah melakukan vaksinasi COVID-19 dengan dosis lengkap, sehat jiwa dan raga, berusia di atas 60 tahun, dan merupakan tokoh panutan dan penggerak yang aktif dalam banyak komunitas di masyarakat.

Berikut adalah rangkaian kisah dan cerita baik para pahlawan Lansia Semangat Dapat Vaksinasi Lengkap (SIAP) di beberapa wilayah Indonesia.

Bagi Hj. Mas Ati, pahlawan Lansia SIAP terpilih dari Dinas Kesehatan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, berbagi pengalaman dalam melakukan beberapa rencana aksi giat sosialisasi dan persuasif kepada kalangan lansia di Kabupaten Sinjai, adalah hal yang menginspirasi. Dikatakannya Ia giat berusaha dalam memberikan update informasi dan mendata melalui informasi informal sambil bercengkrama dengan kalangan lansia.

Ia menindaklanjuti perihal apakah mereka sudah memenuhi prasyarat lengkap vaksinasi, memahami serta tetap mau menjaga diri dengan berperilaku sesuai protokol COVID-19 yang aman, Dalam setiap gerak langkahnya, Ia menjangkau komunitas-komunitas yang Ia ikuti diantaranya komunitas Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi), yang berkomitmen dalam mengajak kalangan lansia untuk tetap berolahraga atau senam agar tetap sehat dan bugar. Sosialisasi pun Ia lakukan di Badan Kota Majelis Taklim (BKMT), di mana Ia kerap memberikan sosialisasi dan penyuluhan dari masjid ke masjid atau majelis taklim.

  • Bagikan