Kesehatan Gratis untuk Masyarakat Pulau Terluar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PANGKEP-- Peringati Hari Kesehatan Nasional. Masyarakat dan nelayan di Pulau Pamantauang, Kecamatan Liukang Kalmas dapat pemeriksaan gratis skrining katarak, Jumat, 4 November.

Itu disampaikan, Dokter Umum Puskesmas Pamantauang, dr Farisah Dewi Batari bahwa kegiatan ini sengaja digelar dalam rangka Hari Kesehatan Nasional sehingga dilakukan skrining katarak untuk masyarakat yang ada di pulau tersebut. Selain skrining katarak, pihaknya juga melakukan pemeriksaan gratis terhadap lansia.

Dijelaskan bahwa, skrining katarak dilakukan dengan menggunakan alat snellen chart untuk menilai jarak penglihatan seseorang dan pemeriksaan segmen anterior pada mata pasien untuk menilai kekeruhan pada lensa mata.

"Sebelumnya dilakukan pemeriksaan kesehatan berupa pengukuran tekanan darah, pemeriksaan gula darah, senam lansia, dan penyuluhan mengenai pentingnya menjaga kesehatan mata," paparnya.

Sementara itu, Kepala Puskemas Pamantauang, Nurhadi, mengungkap bahwa, masyarakat yang dapat skrining katarak ini merupakan masyarakat dan lansia yang berdomisili di pulau yang berbatasan dengan Pulau Kalimantan yang termasuk dalam pulau terluar Kabupaten Pangkep.

"Harapan kita lewat program ini dapat membantu meningkatkan taraf kesehatan dan upaya dalam menekan angka kebutaan bagi masyarakat pesisir," jelasnya.(fit)

  • Bagikan