Apperti Perkuat Proker Kolaborasi Yayasan Kampus

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Kota Makassar dipilih sebagai tuan rumah pelantikan Pengurus Pusat Aliansi Penyelenggara Perguruan Tinggi (APPERTI). Dilaksankan di Nusantara Hall Hotel Rinra, Tanjung Bunga Makassar. Sabtu, 5 November.

Pengukuhan tersebut, bertujuan untuk menetapkan struktural pengurus pusat APPERTI. Selain itu, juga membahas program kerja. Salah satunya kolaborasi antar yayasan Perguruan Tinggi (PT)

Ketua APPERTI Pusat, Prof Mansyur Ramly mengatakan fokus programnya saat ini yakni, menggenjot kinerja perguruan tinggi. Diantaranya membangun kekuatan kerjasama antar yayasan satu dengan yayasan lainnya.

"Melalui yayasan perguruan tinggi ini, maka akan didorong program- program bermanfaat untuk kampus," tuturnya.

Tak hanya itu, saat ini juga ada dua orientasi yang ingin dikawal yaitu mutu dan angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi. Sehingga akan mencapai angka seperti Thailan, Malaysia dan sebagainya.

"Caranya yaitu dengan berbagi, APPERTI akan meminta kebijakan pemerintah untuk kedepan PTN di kurangi jumlah mahasiswanya. Lalu PTS diberikan amanah memperluas daya tampung untuk mendorong peningkatan APK," ucapnya.

Cara inilah yang kedepan akan disamartakan dan akan menciptakan APK yang sama dengan luar negeri.

Ketua Dewan Pembina APPERTI, Budi Djatmiko mengatakan ia pribadi memang menyarankan APPERTI melihat kekosongan tugas dan fungsi yayasan masing-masing perguruan tinggi.

"Kita ingin agar yayasan juga bisa memanfaatkan situasi, misal ada politik namun urusan pendidikan diutamakan Sebab 4 tahun lalu disarankan oleh Menteri hal tersebut," ucapnya.

  • Bagikan