WR I UNM Prof Hasnawi Didaulat Jadi Pembedah Buku ALDERA Karya Anggota VI BPK RI

  • Bagikan
WR I UNM Prof Hasnawi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Bersama Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhanis, Wakil Rektor (WR) I Bidang Akademik Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Hasnawi Haris didaulat menjadi salah satu pembedah buku “ALDERA” di Hotel Claro Makassar, pada Jumat (11/11/2022).

Selain itu, hadir juga WR III Unhas Era Reformasi Prof Amran Razak, aktivis AMPD Akbar Endra dan Pius Lustrilanang selaku penggagas dan pembicara utama pada besar buku itu.

Diketahui, kegiatan bedah buku tersebut diinisiasi oleh pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar bersama dengan Yayasan Anak Rakyat.

Prof Hasnawi Haris tampil sebagai pembedah kedua setelah Prof Drs Hamdan Juhanis. Kehadirannya sebagai pembedah bukan tanpa sebab, Prof Hasnawi Haris juga merupakan salah satu aktivis ternama di eranya.

Guru Besar Hukum Administrasi Negera itu dulu merupakan Ketua Senat Perguruan Tinggi IKIP-UNM Makassar yang pertama. Saat ini disebut BEM Universitas.

“Buku ALDERA yang ditulis oleh eksponen aktivis 90-an ini dapat dipandang sebagai pengingat sejarah pergerakan mahasiswa yang bermuara dari gerakan moral dan bertransformasi menjadi gerakan aksi politik yang luar biasa. Meski penulis tak memiliki rentang waktu lama dengan peristiwa pergerakan kaum muda 1993-1999 sehingga obyektifitas karya ini dapat dipertanggungjawabkan meskipun tidak lepas dari subjektivitas penulisnya,” terang Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (FIS) IKIP Ujung Pandang itu.

Ketika membaca ALDERA, kata dia. Seperti membawa kita berada pada ruang-ruang waktu, kita seperti berada di dalam kehidupan gerakan mahasiswa seperti substansi buku tersebut.

  • Bagikan