Pertamina DPPU Hasanuddin Kembangkan Suplemen Pertanian dan Perikanan Ramah Lingkungan

  • Bagikan
Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Erwin Dwiyanto saat melakukan panen Udang di Kelompok Binaan Ikan Minasa Sejahtera di Maros bersama pemilik tambak

Serta Pakan Sinbiotik (Paksin) yang digunakan dibidang budidaya perikanan di Kelompok Budidaya Ikan di Bontolempangan, Maros dan di Kelompok Rainbow Celebes, yang mengkonservasi ikan-ikan endemik Sulawesi. Bahkan pakan sinbiotik ini juga digunakan oleh beberapa petambak udang khususnya pada kaitannya dalam menjaga kelestarian udang windu khas Sulawesi Selatan yang terbukti baik sebagai pakan yang dapat meningkatkan kualitas udangnya.

Panen Raya Udang di Maros, Petambak Udang Rasakan Manfaat Pakan Sinbiotik

Sebagai program berkelangkutan dari pengembangan pakan Sinbiotik, pakan ini pun diaplikasikan di tambak udang kelompok budidaya ikan minasa sejahtera di daerah Kabupaten Maros. Pada Minggu (19/11) telah dilakukan panen raya di kelompok budidaya ikan minasa sejahtera bersama dengan Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan Maros dan BRIN.

"Kita saksikan panen Udang Windu atau yang biasa kita kenal dengan Black Tiger Shrimp. Udang ini adalah salah satu produk unggulan export Sulawesi selatan sekitar tahun 1999, tetapi karena telah banyaknya yang melakukan budidaya secara intensif dan kurang memikirkan lingkungan, sehingga mengakibatkan akumulasi bahan kimia di lingkungan dan menjadikan kurangnya produktivitas di lahan lahan budidaya," katanya.

Lebih lanjut Erwin mengatakan, kelompok budidaya ikan minasa sejahtera hanya merupakan percontohan. Untuk itu, dengan melihat dan merasakan sendiri hasil dari pakan sinbiotik yang telah digunkaan, diharapkan tambak-tambak yang ada di sekitar tambak ini ikut tertarik menggunakan pakan sinbiotik sehingga dapat mengembalikan kejayaan Udang Windu atau Black Tiger Shrimp di Sulawesi selatan.

  • Bagikan