Tantangan Anies Solidkan Koalisi, Parpol Lain Belum Putuskan Capres

  • Bagikan

"(AHY) ketua partai, populer, representasi milenial," tutur Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UINAM itu.

Setelah deklarasi capres, selanjutnya PKS akan menggelar Rakernas pada Jumat-Minggu, 24-26 Februari. Legislator PKS Sulsel Muzayyin Arif mengatakan bahwa rakernas akan menjadi momentum menyatukan kekuatan.

"Tentu bagi PKS Sulsel akan menyambut keputusan DPP dan siap memenangkan capres yang diusung," kata Wakil Ketua DPRD Sulsel ini.

Relawan Mileanies terus bergerak menyosialisasikan bakal calon presiden (bacapres) yang diusung oleh Tim Koalisi Perubahan Anies Rasyid Baswedan menjadi Presiden 2024 dengan program baru, yakni Gerakan Kamis Manies.

Sekjen DPP Mileanies Asri Tadda mengatakan Gerakan Kamis Manies ini ingin dijadikan sebagai program nasional yang akan diikuti oleh semua simpul relawan mendukung Anies Baswedan.

“Kami malah mau dorong itu sebagai gerakan nasional dan diikuti oleh semua simpul relawan, dilakukan hingga jelang Pilpres 2024,” katanya.

Efek Treshold

Deklarasi PKS membuat Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden satu-satunya yang sudah mengantongi tiket presidential threshold (PT) 20 persen untuk maju capres. Lalu bagaima efek dukungan PKS ?

Analis politik Unismuh Makassar A Luhur Prianto menilai PKS selama pemerintahan Jokowi berada di luar kekuasaan. Sebelumnya, pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), PKS menjadi bagian dari koalisi pendukung pemerintah.

Partai ini pun sempat mengalami dinamika internal, yang berujung lahirnya Partai Gelora. Tetapi, pada Pemilu 2019, partai ini tetap bisa menembus ketatnya persaingan PT. Artinya PKS cukup teruji di berbagai iklim politik yang berbeda.

  • Bagikan